Minggu, 03 November 2019

Keanehan Mitos 'Masakan Keasinan Pengen Nikah'

Kali ini zleeb.com akan membahas sedikit mengenai mitos di masyarakat. Khususnya yaitu mitos masakan keasinan pertanda pengen nikah.
Jadi artikel ini temanya santai saja ya.
Soalnya ini kan dibuatnya karena kepikiran aja, soalnya waktu itu lagi chattingan eh muncul bahasan ginian yang sepertinya bisa jadi artikel.

sekaligus menampung komentar-komentar barangkali pembaca punya kisah tersendiri tentang mitos ini. Dan tolong kasih pendapat bahwa sesuai apa engga gitu.

Keanehan

1. Entah berasal dari mana, entah dari sinetron mana, atau malah dongeng mana.

Tiba-tiba kita percaya saja ada pepatah "masakan keasinan, pertanda pengen nikah"
serius, penulis tidak pernah membaca kisah di buku yang ada adegan seperti ini. Adegan dialog ini hanya penulis dapatkan muncul dari mulut ke mulut, atau chat ke chat.
Silakan bagi anda yang tau dialog ini muncul di dongeng atau legenda mana bolehlah menyumbangkan pendapat

2. Ada yang menghubungkan masakan asin itu dengan kode.


Oke, mungkin wanita memang menyukai kode kode, Tapiiii, apa anehnya, adalah jaman sekarang ini apa iya ada yang mau ngasih kode pengen nikah lewat masakan yang dibuat kelewat asin?
Kalaupun ada ya mubadzir makanan anjay. Dan begini, dengan masakan yang keasinan, bukannya justru malah orang tua jadi ragu, ini anak masakannya aja gini kalo nikah ntar gimana. Trus jawab ini kode mah pah. aku pgn nikah. -sfx kedua orang tua: hmmmm ngeles aja nih anak-

3. Ada yang menghubungkan "asin" itu tanda kedewasaan

ya baiklah. orang dewasa cenderung asin ya emang. Dari keringat, dari aroma keteknya, aroma iler, dan lain-lain (IYKWIM). Tapi dalam hal memasak, sepertinya tanda kedewasaan yang lebih layak adalah memahami keharmonisan dari bumbu-bumbu beserta bahan yang dimasak. Untuk menciptakan rasa yang pas. bukannya malah keasinan.

Yang Ga Aneh Banget

Setelah berbagai mitos aneh, sekarang kita menuju ke hal yang bisa diterima akal sehat oke,
Jadi ada yang berpendapat kalau masakan keasinan itu pertanda pengen nikah, nah menurut saya yang lebih masuk akal itu karena

1. Yang masak dah gede, Jadi diledeknya begitu kalo masakan keasinan

Jadi ini bentuk ledekan nih dari orang tua, ini keasinan kenapa kan. Daripada anaknya dimarahin atau dimaki, mending dibuat bercanda aja. Dengan nyeletuk pake mitos ini, "Ini kok asin banget, mmmm kamu pengen nikah ya"
Nah jadinya malah bisa bikin senyum-senyum kan sekeluarga. Lalu si anak minta maap, dan lain kali berusaha agar tidak keasinan lagi.
Sangat berguna sekali mitos ini.

2. Yang Masak Emang Beneran Pengen Nikah dan Ampe ga konsen masak

Kalo ini sih jarang banget ya kayaknya. Tapi kalo bener-bener kejadian ada ya udah, mending ortu lebih coba mengerti aja. Sebelum nanti si anak makin ngaco, sekarang ke asinan. Kalo besok jadinya kegosongan. kebakaran, kesempurnaan, cintaaaaaa??? ealah malah nyanyi hahaha

Ya bisa aja kan saking ga konsen pgn nikah malah jadi nyanyi.

3. Yang masak cowo

Mungkin maksudnya pengen nikah, biar ada yang masakin gitu. Cowo emang sih ada yang jago masak, tapi sayangnya pendidikan masak buat cowo itu minim banget kan di keluarga, jadi seolah cowo emang ga usah jago masak. Jadi kalo keasinan, ya tandanya pengen nikah aja gitu biar ada yang masakin.

Penutup

Nah segitu aja sih sepertinya sudah tersampaikan semua unek unek saya tentang mitos ini.
Kesimpulannya mitos ini tidak dapat digunakan untuk membuktikan bahwa masakan keasinan pertanda dah kebelet nikah.
Soalnya tidak semua kasus masakan keasinan karena emang kebelet nikah.

Justru kebanyakan sekarang, mitos ini cenderung digunakan untuk candaan sih. untuk meledek.

Tapi dibalik itu, "siapa sih orang yang ga pengen nikah?"

Jadi dugaan saya mitos ini akan tetap relevan sampai kapanpun karena tidak akan bisa disanggah. Bahkan sampai jaman anak cucu kita nanti, bisa kita gunakan candaan seperti ini.

Terimakasih udah membaca ampe abis, ditunggu komentarnya ya.

Advertiser