Selasa, 18 Februari 2020

Pesona Telaga Merdada

Telaga Merdada salah satu telaga yang tersembunyi di Dataran Tinggi Dieng tepatnya berada di kawasan  Desa Karang Tengah, Kecamatan Batur, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah dengan luas Telaga Merdada 25 hektar ini masuk obyek wisata Dieng. Telaga Merdada yang begitu luas yang menjadi alasan telaga ini dinamakan Telaga Merdada. Merdada merujuk pada dada yang berarti makna lapang dan luas.
Luasnya Telaga Merdada 25 hektar sebagian wisatawan menyebut Telaga Merdada terluas di Dataran tinggi Dieng dengan ketinggian 2045 mdpl. Panorama alam Telaga Merdada yang indah dan dikelilingi perbukitan nan hijau memanjakan mata menjadikan suasana telaga ini tampak asri dan sejuk.

Ketika berwisata di telaga Merdada ini Kamu bisa melihat bentuk telaga seperti mangkuk raksasa .Bentuk telaga Merdada seperti mangkok raksasa akibat letusan Gunung Dieng ribuan tahun .Letusan Gunung Dieng ketika itu sangat dahsyat hingga meninggalkan cekungan  tanah luas menyerupai mangkok raksasa dan berisi air .

Telaga Merdada tidak memiliki sumber mata air dan air yang menggenangi telaga ini berasal dari tampungan air hujan.
Air yang ada di telaga ini memiliki nilai lebih dan  berarti bagi petani disekitar kawasan telaga. Lahan kentang disekitar telaga bergantung pada debit air di telaga  ini membuat lahan pertanian tumbur subur dan alami.

 Ketika musim kemarau tiba menjadi pemandangan yang unik dan khas di Telaga Merdada. Saat musim kemarau air  telaga ini kering dan  bagian tengah telaga akan terlihat bukit Pangonan dan bukit  bernama Semurup. Bukit di tengah telaga tersebut  sebenarnya "Summer up", karena tanah dibukit ini berwarna merah .

Masyarakat setempat  salah ucap hingga dikenal  dengan sebutan Semurup. Nama ini begitu populer di kalangan masyarakat setempat, karena tanah bukit tersebut berwarna merah dan sering terjadi kebakaran. Keberadaan tebing dan bukit  yang  ada di tengah telaga dan  dekat air telaga membuat telaga ini memang asyik buat alternatif wisata .

Mendayung Kayak di Telaga Merdada



Area telaga Merdada yang luas menjadi tempat asyik berekplorasi dan melakukan kegiatan traveling buat Kamu betah untuk tinggal disini.Kegiatan traveling  mengasyikan di telaga Merdada yang dilakukan wisatan dengan menaiki Kayak yang terdiri single dan double dilengkapi pelambung dan helm cukup membayar 25.000 untuk Kayak single dan 50.000 untuk double 2 orang selama setengah jam keliling telaga.Dari Kayak ini Kamu bisa melihat keindahan alam yang menajubkan apalagi saat kabut turun serasa seperti dinegeri awan.

Spot Foto



Kegiatan traveling yang lain menjadikan pengalaman berkesan salah satunya mengambil spot foto disekitar kawasan telaga dengan naik perbukitan. Bukit yang ada disekitar telaga Kamu bisa menikmati dan melihat  keindahan lain di telaga Merdada dari tempat yang tinggi. Dari bukit ini Kamu bisa melihat panorama alam yang mempesona. Dari bukit Kamu bisa melihat perahu-perahu kecil yang membawa wisatawan hilir mudik keliling telaga. Atau melihat asyiknya wisatawan yang sibuk mencari ikan di Telaga Merdada menjadi pengalaman wisata tak terlupakan.

Wisata di kawasan Telaga Merdada  memberi banyak kesan yang tak terlupakan. Kamu akan  disuguhi pemandangan alam yang mempesona rimbunan pohon cemara berpadu dengan burung-burung kecil yang beterbangan menghiasi kawasan Telaga Merdada menjadi sensasi tersendiri bagi wisatawan. Hamparan lahan pertanian yang hijau sembari  melihat aktivitas petani setempat di sawah menjadi pemandangan  yang menajubkan .

Sekitar telaga Merdada dimanjakan dengan hamparan pertanian kentang atau carica kemudian disebelah Timur telaga tersaji hamparan pertanian Jahe Jepang atau sering disebut Wasabi. Sembari melihat pemandangan persawahan nan hijau Kamu bisa juga bercengkrama dengan penduduk setempat dikenal ramah yang  sebagian besar sebagai petani. Sapaan mereka yang tulus dan cerita  tentang kegiatan keseharian mereka menjadi pengalaman yang tak ternilai harganya.

Bangunan tua bekas pabrik jamur

Pesona keindahan lain dari Telaga Merdada salah satunya keberadaan bangunan tua yang dulu sebagai tempat pembibitan jamur. Bangunan ini berada disekitar telaga yang di bangun tahun 1950  oleh PT Dieng Jaya dan beroperasi sampai tahun 1998. Krisis ekonomi tahun 1998 berdampak besar bagi perusahaan ini membuat tempat pembibitan jamur ditutup .Kini wisatawan masih bisa melihat dari dekat bekas bangunan tempat pembibitan jamur saat berkunjung di telaga Merdada.


Setelah puas berwisata di kawasan Telaga Merdada yang eksotis Kamu bisa berburu nasi jagung dengan lauk pauknya yang lezat seperti: ikan asin, tempe Kemul dan urap sambil Jengkok (tempat duduk terbuat dari batang kayu disusun) menjadi sensasi yang begitu berkesan .

Telaga Merdada yang dikenal sebagai telaga terluas di dataran tinggi Dieng ini jarang pengunjungnya. Lokasi Telaga Merdada yang agak jauh dari obyek wisata lainnya seperti komplek Candi Arjuna, Kawah Arjuna dan Telaga Warna yang ramai pengunjung membuat jarang wisatawan yang mengetahui keberadaan Telaga Merdada ini.

Harga tiket

Jarak telaga dari Desa Dieng kurang lebih 3 kilometer, dan untuk jalur transportasi belum begitu memadai. Jalur kendaraan motor adalah pilihan tepat transportasi menuju lokasi.
Atau dengan sewa ojek menuju Desa Karang Tengah hingga sampai lokasi Telaga Merdada.

Telaga Merdada buka setiap hari dari jam 07.00 WIB sampai jam 16.00 WIB.

Tiket masuk Rp 5000 Kamu dapat menikmati indahnya Telaga Merdada.
Artikel kiriman dari Suryatiningsih

Advertiser