Selasa, 23 Januari 2018

Bukit Watu Sodong, Pesona Tersembunyi di Banjarnegara

Banjarnegara memiliki banyak pesona alam tersembunyi, salah satunya yang mulai dieksplor dan ditawarkan ke orang-orang yaitu bukit Watu Sodong. Hari minggu kemarin, saya menyempatkan diri untuk mengunjungi bukit ini bersama adik saya. Ya untuk olahraga, bersepeda, sekalian juga refreshing karena pemandangan disini katanya bagus, masih asri.

Lokasi dan Rute

Bukit Watu Sodong terletak di desa Glempang, Kecamatan Mandiraja, Banjarnegara. Tepatnya di dusun Kopen, berada pada jalur Pegunungan Kendeng Selatan atau Pegunungan Serayu Selatan.

Untuk ke lokasi ini anda bisa lewat arah timur yaitu pertigaan sempor – karangjati, ambil arah karangjati lalu setelah beberapa ratus meter akan terlihat di kiri jalan pertigaan yang ada gapuranya ke bukit watu sodong. Kalau dari arah barat anda bisa ambil pertigaan brug abang di karang jati, ambil arah terus yang menuju ke berta, lalu salamerta dan sampai di glempang dusun kopen ada pertigaan di kanan jalan yang ada gapuranya ke arah bukit watu sodong. Sewaktu terakhir mengecek, saya lihat lancar akses motor. Jika membawa mobil mungkin akan susah karena jalannya belum begitu lebar.

Kenapa dinamakan Bukit Watu Sodong?

Awal mulanya bukit ini menjadi rumah dari hewan celeng, dan celeng ini meresahkan masyarakat. karena itu bukit ini dibuka sebagai lahan pertanian. Menurut daerah setempat, rumah celeng dikenal dengan nama sudung/sodong. Karena pada puncak bukit terdapat batu-batu yang menjadi sodong, maka begitulah bukit ini menjadi dinamakan bukit Watu Sodong.

Wisata Bukit Watu Sodong ini resmi dibuka baru Januari 2018 ini, masih baru, ya memang sih sudah mulai beroperasi sejak 25 November 2017. Awalnya bukit ini hanya untuk lahan pertanian saja, namun pemuda desa terpikir untuk membuat rencana sebagai wisata, sebagai tempat melihat pemandangan, untuk refreshing, menikmati sunrise maupun sunset. Nah pemuda ini yang tergabung dengan kelompok sadar wisata mulai mencoba merealisasikan rencana tersebut, bekerjasama dengan perhutani. Hingga akhirnya jadilah wisata bukit yang seperti sekarang ini.

Bukit watu sodong menawarkan keindahan alam nan hijau dengan barisan pinus yang menentramkan hati. Datang saat pagi, udara masih segar, dengan kabut dan embun yang kadang turun membuat suasana semakin damai. Datang saat siang pun juga bagus, karena pemandangan alamnya makin terlihat jelas berkat matahari yang menyingkap keindahan alam ciptaan tuhan. Datang saat sore hari pun senja menanti anda, dengan keindahan sunset yang membuat kita takjub terpesona.

Bagi yang ingin camping, di bukit watu sodong juga terdapat camping area yang cocok untuk menghabiskan malam anda, menunggu sunrise menyapa. Sambil main musik dan menyeruput kopi bikin malam tambah mesra.

Spot Foto Kekinian

Bagi anak muda yang suka selfi, disini tersedia spot-spot untuk berfoto. Misalnya saja, latar pemandangan, barisan pohon pinus, batu-batu di puncak bukit, serta tidak ketinggalan juga ada spot foto kekinian kreasi pemuda desa. Diantaranya jembatan selfi yang berlatar pemandangan alam, ada rumah pohon di puncak bukit, ada hiasan bintang, dan banyak karya lainnya yang pastinya bikin foto kita makin ciamik.







Harga Tiket Masuk

Untuk menikmati keindahan bukit Watu Sodong hanya perlu merogoh kocek 5ribu saja, hanya seharga air minum lah sudah boleh menyegarkan pikiran sepuasnya.

Untuk menuju puncak dari lokasi parkir anda hanya perlu berjalan kaki santai sekitar 15 menit saja, begitu sampai puncak anda akan merasakan indahnya suasana bukit, memandang horison alam banjarnegara nan asri.

Jika merasa cape jangan khawatir karena tersedia gubuk-gubuk yang berdiri kokoh di atas bukit untuk istirahat anda leyeh-leyeh. Sambil ngemil jajanan yang dibeli di warung sekitar lokasi.

Ini video dokumentasi pribadi saya saat di bukit watu sodong, silakan diliat-liat dulu


Banyak keluarga dan juga anak muda liburan disini. Seakan ingin menyimpan momen yang ada, pengunjung juga mengabadikan momen tersebut dengan kamera.


Yang bersama kekasih pun ada, jadi kapan mengajak doi bareng buat kesini?

Advertiser