Jumat, 21 Februari 2020

Menjernihkan Pikiran di Telaga Pengilon

Telaga Pengilon salah satu telaga yang tersembunyi di dataran tinggi Dieng. Telaga Pengilon terletak pada ketinggian 2000 mdpl. Lokasi tepatnya berada di Desa Dieng Wetan, Kecamatan Kejajar, Kabupaten Wonosobo. berdekatan dengan kawasan Telaga Warna dan berada 1 kilometer dari Candi Dieng.

Nama Pengilon diambil dari bahasa Jawa yang berarti Cermin. Telaga Pengilon dikenal airnya begitu jernih/bening seperti cermin. Telaga ini juga tidak mengandung belerang, sehingga membuat telaga ini kaya akan berbagai jenis ikan tawar .Telaga Pengilon terlihat berwarna kecoklatan dilihat dari kejauhan. Warna coklat pada telaga Pengilon adalah lumpur di dasar telaga dan saat Kamu dekati air telaganya sangat jernih. Pikiran yang banyak beban, yang keruh dengan berbagai kepenatan langsung bisa anda jernihkan dengan sejenak bersantai di telaga yang indah ini.

Jarak Telaga Pengilon yang demikian dekat dengan lokasi Telaga warna dan kawasan wisata Candi Dieng membuat Telaga Pengilon menjadi terkenal di kalangan wisatawan. Lokasi Telaga Warna yang dekat dengan Telaga Pengilon ternyata tidak serta merta membuat dua telaga ini sama, justru karakter dua telaga ini sangat berbeda.

Telaga Warna terlihat warna- warni dari kejauhan akibat dari kandungan belerang yang demikian tinggi. Berbeda dengan Telaga Pengilon akan terlihat kecoklatan dari kejauhan. Warna Telaga Pengilon terlihat kecoklatan adalah warna lumpur yang di dasar telaga.

Air Telaga Pengilon yang jernih dan banyak ikannya menjadi keunikan dari keindahan Telaga Pengilon. Telaga Pengilon juga sering dijadikan tempat menyalurkan hobby memancing dan mencari ikan oleh wisatawan dan penduduk setempat. Keberadaan Telaga Pengilon juga dimanfaatkan penduduk setempat mengairi area pertanian .

Spot Menarik Telaga Pengilon


Spot menarik yang ada di kawasan Telaga Pengilon adalah  panorama alam di sekitar telaga yang asri dikelilingi perbukitan nan hijau yang dihiasi pepohonan unik yaitu pohon Akasia. Hutan yang lebat di sisi timur Telaga Pengilon dan lahan pertanian milik warga setempat menjadi penambah keindahan Telaga Pengilon. Tempat ini biasa digunakan oleh wisatawan sebagai lokasi camping. Kamu pun bisa mendirikan tenda dan bercamping di sini sembari melihat keindahan alam sekitar telaga dan memancing ikan di Telaga Pengilon yang jernih airnya.


Pesona keindahan lain dari Telaga Pengilon adalah hewan endemik itik gunung/Mliwis ( Pacific Black Duck). Puluhan hewan endemik itik gunung yang berterbangan kesana- kemari mencari makan dengan indahnya di kawasan ini. Itik gunung mliwis jenis burung berukuran hingga 55 cm, dengan  tanda strip hitam di kepala menjadi ciri khas Itik Mliwis, menjadi pemandangan yang beda dan khas membuat liburanmu makin berkesan dan tak terlupakan

Fasilitas

Kawasan Telaga Pengilon kini didukung berbagai fasilitas lengkap mulai toilet, mushola hingga warung makan sebagai tempat berburu kuliner khas Wonosobo yang lezat dan memanjakan lidah.

Rute ke Lokasi

Untuk mencapai lokasi tersembunyi ini dapat ditempuh melewati dua jalur  dengan waktu tempuh masing- masing 30 menit yaitu jalur desa Jojogan yang cukup menanjak dan jalur Dieng/pintu masuk telaga warna.

Akses menuju Telaga Pengilon lewat jalur /pintu masuk Telaga Warna menjadi pilihan rekomendasi bagi wisatawan. Lewat jalur ini Kamu bisa mengambil jalan yang ke kiri dan mengikuti jalan setapak. Dari jalur ini Kamu lebih leluasa melihat keindahan Telaga Pengilon. Harga tiket masuk ke Telaga Pengilon 10.000 rupiah. Harga tiket ini sudah termasuk satu paket masuk Telaga Warna.

Artikel kiriman dari Suryatiningsih

Advertiser