Selasa, 16 Januari 2018

Kenapa Ide Kreatif Mengalir Deras Kalo Lagi di Toilet?

Tak perlu mengelak, akui saja bahwa seringkali kamu mendapatkan ide tak terduga kalo lagi di toilet. Ada aja ide kreatif yang muncul saat sedang bersabun-ria (jangan ngeres, ini maksudnya mandi), bershampo-ria, serta juga saat berboker-ria.

Misal saja tadinya pikiran mampet mikirin masalah yang belum kelar, masuk toilet kelar deh. Mikirin tugas, eh di toilet jadi lancar tuh rancangan konsepnya ampe rapi. Keluar toilet tinggal nyusun deh. Itulah ajaibnya toilet.

Tapi pernah ga sih kepikiran kenapa ya kita jadi bisa mikir lebih kreatif kalo lagi di toilet?

Yuk simak penjelasan berikut..

Hal pertama kenapa kalo di toilet bisa berpikir lebih kreatif karena di toilet itu sendirian, saat-saat sendiri inilah yang dapat memicu kita untuk lebih berpikir bebas, berdialog batin, tanpa gangguan dari pihak lain.

Ya di toilet ga jauh beda sama merenung di tempat lain, baik itu di kamar, di taman maupun di tepi sungai. Cuma ada keunggulan dari toilet. Toilet ini termasuk tempat yang aman, karena terjaga ke-privasi-annya, saat di toilet kita pun lebih merasa tenang, santai, soliter, tidak merasa dihakimi orang lain.

Makanya pikiran lebih bebas merambah kemana-mana bahkan ke yang tak terduga sekalipun. Gangguan fokusnya pun sedikit, beda kalo lagi di kamar atau taman yang kadang ada hal yang mengganggu konsentrasi, misalnya ada buku, ada banyak tulisan, ada hape, laptop, ada baju, ada orang lewat dll.


Hal kedua, biasanya aktivitas sabunan, shampoan, berendam, membuat tubuh kita rileks dan segar. Selepas buang air besar juga tubuh kita merasakan relaksasi karena melepas kotoran dari tubuh. kondisi ini yang memicu tubuh kita memproduksi hormon endorfin yang menjadikan kita nyaman, tenang, bahagia.

Saat keadaan kita nyaman, tenang dan bahagia, otak kita jadi lebih mudah untuk memunculkan memori yang pernah masuk, serta memunculkan ide kreatif hasil olah informasi yang ada di otak.

Lalu juga saat mandi atau boker, seringkali pikiran kita kemana-mana. Mikir sekolah, mikir masa depan, dan lainnya. Itu yang bikin kegiatan mandi jadi terdistraksi. distraksi ini yang ngebantu bikin kita terlepas dari dunia luar. Beban yang dirasakan pun ikut menghilang sementara, nah momen-momen langka itulah yang bisa membantu diri kita berpikir lebih jernih. Makanya ide kreatif dapat mengalir deras.

Tapi semua hal itu juga tergantung pada hobi orangnya, kadang ada yang cuman berkhayal kalo lagi di toilet, ada juga yang nemu ide kreatif.

Jadi buatlah toilet senyaman dan seindah mungkin, anggap sebagai ruang suci, cermin jiwa seperti kata Joko Pinurbo dalam puisinya yang berjudul Toilet.

Beruntunglah semua toilet sekolah serta toilet umum di Indonesia “sudah nyaman dan indah”, uups.
hehehe

Advertiser